Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Terkait Perencanaan Pusat dan Daerah di Tingkat Provinsi

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Senin, 22 Mei 2017

 

Rapat Koordinasi Daerah atau RAKORDA merupakan sarana koordinasi dan meyakinkan pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan
pembinaan, pengembangan koperasi usaha mikro kecil dan menengah kedepan yang bersumber dari Dana APBN.
Selain itu merupakan bagian dari penyusunan rencana kegiatan pemerintah. Berbagai program kerja yang telah di laksanakan Daerah ini adalah merupakan program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan peluang dan kesempatan untuk masyarakat kita untuk berkembang. Untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM menjadi hal yang penting untuk mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi maupun Kab/Kota, dimana berbagai program dan kegiatan pemberdayaan Koperasi dan UKM yang dilaksanakan pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan Koperasi dan UKM sebagai pelaku ekonomi yang memiliki daya saing tinggi, profesional dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. hal itu yang dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Koperasi, Ir. Rusli, AR, MM dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah atau RAKORDA pada malam tanggal 17 Mei 2017 di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh. Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih kurang 23 orang peserta terdiri dari Kepala Dinas dan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh yang berlangsung mulai tanggal 17 s/d 19 Mei 2017.
Hal mendasar yang masih dihadapi dalam pengembangan koperasi dan UKM adalah terbatasnya akses Koperasi dan UKM kepada sumber daya produktif, seperti aspek kelembagaan, aspek produksi, aspek pembiayaan, aspek pemasaran dan aspek peningkatan kapasitas SDM.
Hal ini menyebabkan Koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya di samping sulit juga untuk mengembangkan produk yang berdaya saing. Hal ini merupakan tantangan bersama kita baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk dapat mencarikan alternatif solusi kedepan.
Narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi ini adalah dari Biro Perencanaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Para Kepala Bidang Dinas Koperasi dan UKM Aceh serta Kepala UPTD Balatkop. (nng)

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32