Pelatihan Manajamen Pengelolaan dan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus, Angkatan I

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Selasa, 11 Juli 2017

Dinas Koperasi c/q UPTD Balatkop dan UMKM Aceh melaksanakan Pelatihan “Manajamen Pengelolaan Koperasi Bagi Pengurus” Angkatan I dan Pelatihan “Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus” Angkatan I di Grand Aceh Hotel mulai hari ini, Senin 10 Juli 2017- 15 Juli 2017.

Pelatihan “Manajamen Pengelolaan Koperasi Bagi Pengurus” Angkatan I di ikuti oleh 40 orang peserta dari 23 Kabupaten/ kota yang bertujuan agar pengurus koperasi mampu mengelola usaha koperasi berdarkan fungsi-fungsi manajemen secara konsisten dengan cara menggabungkan keterampilan manajemen dan pengetahuan bisnins dengan kreativitas dan inovasi.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus” Angkatan I di ikuti oleh 40 orang peserta dari 23 Kabupaten/ kota yang bertujuan agar pengurus koperasi mampu menyusun laporan keuangan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan pemegang amanah yang harus disampaikan dalam rapar anggota tahunan.
Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Bapak Drs. M. Dahlan yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pembinaan koperasi merupakan wujud nyata dari pemerintah dalam menekan angka kemiskinan.

Untuk itu SDM Koperasi harus di bekali dengan pengetahuan yang teknologi. Manajemen Koperasi harus tetap terikat pada azas, prinsip-prinsip dan motif secara konsisten dalam operasional sehinnga melahirakan manajemn yang propesional dengan melakukan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Dalam UU no 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dalam pasal 35 disebutkan bahwa setelah tahun buku Koperasi di tutup, paling lambat satu bulan sebelum diselengarakan Rapat Anggota Tahunan pengurus menyusun laporan keuangan yang merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban pengurus selama satu periode akuntansi yang dapat di pakai oleh anggota sebagai bahan untuk menilai hasil kerja pengurus dalam mengelola koperasi. Saat ini masih banyak Koperasi belum melaksanakan RAT karena pengurus belum mampu menyusun laporan keuangan. Untuk itu diharapakn kepada peserta agar serius mengikuti pelatihan ini.
Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil Jakarta dan Widyaiswara Dinas Koperasi dan UKM Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32