BIMTEK STANDARISASI PRODUK UMKM TAHUN 2017

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Rabu, 16 Agustus 2017

Persoalan halal dan haramnya suatu produk merupakan persoalan yang serius bagi masyarakat Aceh yang mayoritas beragama Islam, karena menyangkut persoalan iman dan kepercayaan masyarakat. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi dan menggunakan produk halal semakin membuat masyarakat selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi dan ini merupakan tantangan yang harus direspon oleh pemerintah dan pelaku usaha di Aceh. Adanya labelisasi halal pada produk-produk pangan, kosmetik dan obat-obatan akan memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi suatu produk sehingga meskipun tanpa pengetahuan yang mendalam tentang bahan tambahan pada produk tersebut yang memungkinkan menggunakan bahan haram, masyarakat akan merasa aman ketika mengkonsumsi suatu produk yang telah berlabel halal. Selain itu juga dengan adanya label halal pada suatu produk dapat melindungi pengusaha dari tuntutan masyarakat dikemudian hari dan juga dapat memperkuat dan meningkatkan image produk. Banyaknya produk yang belum bersertifikat halal mengakibatkan konsumen terutama konsumen muslim, sulit untuk membedakan produk mana yang benar-benar halal dan dapat dikonsumsi sesuai dengan syariat Islam dengan produk yang tidak haram. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh melaksanakan program Bimbingan Teknis Standarisasi produk UMKM se Provinsi Aceh.

 Adapun tujuan pelaksanaan Bimtek Standarisasi Produk UMKM Tahun 2017 ini adalah untuk memberikan rasa aman, ketentraman batin dan menjamin kelayakan suatu produk untuk umat ataupun masyarakat baik layak dari sisi kesehatan maupun layak dalam segi agama yakni kehalalannya. Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Bimtek ini adalah produk barang dan jasa yang halal, sehingga masyarakat muslim terbebas dari mengonsumsi produk yang haram.

Bimtek Standarisasi Produk UMKM ini dilaksanakan dari tanggal 14 s/d 16 Agustus 2017 yang bertempat di Hotel Kuala Radja Banda Aceh dan diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta dari UMKM (pelaku usaha) Kabupaten/ Kota se Provinsi Aceh. Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh. Materi yang disampaikan dalam Bimtek ini adalah tentang: Manfaat Penerapan Standar bagi UKM dan Sertifikasi Industri Pangan oleh Wakil Kepala Lembaga Sertifikasi, Sistim Jaminan Produk Halal oleh Sekretaris LPPOM, Standarisasi Produk dan Tata Cara Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) oleh Pengelola Data PBF Seksi Obat dan Pelayanan Kefarmasian Dinas Kesehatan Aceh dan Kebijakan Pemberdayaan UMKM oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh. (WR)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32