Evaluasi Pelaksanaan Pendampingan Dana Alokasi Khusus Peningkatan Kapasitas Koperasi UK dan M Tahun Anggaran 2017

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Kamis, 07 September 2017

 

Rabu (06/09/2017) Dinas Koperasi c/q  UPTD Balatkop dan UMKM melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Pendampingan Dana Alokasi Khusus Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah TA 2017 di Grand Aceh Hotel yang dimulai hari ini, Rabu 06 s/d 09 September 2017 yang di ikuti oleh 67 orang pendamping KUKM dari 23 Kab/kota yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kegiatan pendampingan telah berjalan  apakah sesuai dengan yang telah direncankan dan untuk menjadi bahan pertimbangan bagi dinas Koperasi dan UKM Aceh dalam mengambil kebijakan di masa yang akan datang . Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Bapak Mulyadi Spd, MM yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa peran pendamping sangat strategis dalam melakukan Pembinaan dan peningkatan Kapasitas SDM KUKM karena apabila hanya di harapkan kepada aparatur negara tidak akan maksimal hasilnya karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki.


Kepada pendamping dalam bekerja diharapkan mempunyai rasa keikhlasan dan tanggung jawab yang tinggi mengingat tugas yang berat dan terbatas fasilitas yang ada. Tugas pendampingan ini merupakan tempat meningkatkan kapasitas diri dengan ilmu yang dimiliki sekaligus menjadi tempat pembelajaran bagi masing-masing pendamping. Negara mengharapkan dengan adanya  program pendampingan ini para pendamping dapat mengekspoloitasi kemampuan yang ada, membuka wawasan, merubah pola pikir dan perilaku yang akan mendaptakan hal-hal positif di masa yang akan datang. Pendamping harus bisa memanfaatkan keadaan ini dengan menghasilkan kreatifitas dan inovasi yang berguna bagi diri sendiri dan masyarakat.

Setiap pendamping diharapkan dapat melakukan instropeksi terhadap pendampingan yang telah di lakukan. Pendamping adalah orang-orang terpilih agar dapat memberikan kontrbusi bagi pembangunan negara dimasa yang akan datang. Sebagai anak  bangsa pendamping harus menjadi pionir dalam mencerdaskan masyarakat.

Laporan pendamping harus rutin disampaikan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan, bedasarkan hasil evaluasi masih banyak pendamping yang isi laporannya kurang tajam, output yang dihasilkan belum berwujud , kurang teliti, kurang proaktif, isi laporan hanya copy-paste dan terlambat menyampaikan laporan ke provinsi. Pemateri dalam evaluasi berasal dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32