SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH ACEH
Reformasi Koperasi : Rehabilitasi Koperasi, Orientasi Koperasi, Pengembangan Koperasi, Jumlah Koperasi di Aceh Berdasarkan Tahun Buku 2018 : Koperasi : 6.212 Unit, Aktif : 4.278 Unit, Tidak Aktif : 1.934 Unit persentase aktif 68%

RAKOR TEKNIS DENGAN MPU PROVINSI DAN MPU KAB./KOTA, PEJABAT PEMBINA KOPERASI KAB./KOTA, UIN DAN IAEI ACEH DALAM RANGKA MEWUJUDKAN DPS KOPERASI DI PROVINSI ACEH DI KUALA RADJA HOTEL BANDA ACEH

Senin, 11 Maret 2019 - Oleh diskopukm

Rakor Teknis dengan MPU Provinsi dan MPU Kab./Kota, Pejabat Pembina Koperasi Kab./Kota, UIN dan IAEI Aceh di Kuala Radja Hotel tanggal 11-–13 Maret 2019 bertujuan untuk dapat mewujudkan  Dewan Pengawas  Syariah (DPS) Koperasi dan dapat  terbentuknya DSA MPU Sebagai  Perwakilan  DSN MUI.

Kegiatan Rakor Teknis ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh Bapak Dr.H. Roeslan Abdul Gani, M.Pd. Dalam sambutannya Kadis berharap, dengan pertemuan ini akan segera dapat mewujudkan terbentuknya Dewan Syariah Aceh (DSA) sebagai perwakilan Dewan Syariah Nasional (DSN MUI Pusat).

Rakor Teknis menghadirkan 6 (enam) orang narasumber dari Pusat, profesional dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh yaitu Dr. H. Roeslan Abdul Gani, M.Pd (Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh),  Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, SE. MH, M.Ag dari DSN MUI-Pusat, Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA (Ketua MPU Aceh), Dra. Puji Martini ( Kabid Partisipasi Modal dan Usaha, Asdep Keanggotaan Kementerian Koperasi dan UKM RI), Husna, SH. M.Kn (Notaris Pembuat Akta Koperasi), dan Marzuki, SE.,MM (Kabid. Kelembagaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh).

Peserta Rakor Teknis terdiri dari unsur MPU Provinsi dan MPU Kab./Kota, Pejabat Pembina Koperasi Provinsi dan Kab./Kota, UIN dan IAEI Aceh yang berjumlah total 80 orang.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Rakor ini adalah untuk mensinergikan kegiatan penerapan pola Syariah Koperasi antara Dinas yang membidangi koperasi dan UKM dan MPU baik yang berada di Provinsi maupun Kabupaten/kota beserta UIN dan IAEI Aceh.

Hasil mufakat dari pelaksanaan Rakortek ini adalah akan dilakukan Diklat Akuntansi Syariah  bagi 80 orang calon DPS, setelah mengikuti Diklat akan dilanjutkan dengan Bimtek Sertifikasi Kompetensi DSN sekaligus menyeleksi 46 orang calon DPS yang akan mengikuti Ujian Sertifikasi Kompetensi dr DSN MUI.  (KLB/SMW/Maret 2019).