Bimtek KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Selasa, 26 Maret 2019

Banda Aceh, 18 Maret 2019, untuk memberi pemahaman tentang akses permodalan usaha kepada pelaku KUMKM pada Bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh sebagai Pembina Koperasi Usaha kecil dan Menengah Aceh melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) Penyaluran KUR antara Bank pelaksana dengan Pendamping KUR dan Pembina Koperasi Kab/Kota dari tanggal 18 s.d 20 Maret 2019 di Grand Aceh Hotel Syariah Banda Aceh.
Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh bapak Dr.H. Roeslan Abdul Gani, M.Pd menyampaikan sambutan sekaligus pembukaan Bimtek KUR kepada para Pendamping KUR dan Pembina Koperasi dari 23 Kab/Kota se-Provinsi Aceh.
Harapan bapak Kepala Dinas kepada peserta Bintek KUR untuk mengikuti acara Bintek ini dengan serius, karena hal ini sangat penting untuk kelancaran tugas Pendamping KUR dilapangan, Disinilah kesempatan untuk bertanya terbuka luas kepada para Narasumber baik dari Kemenkop dan UKM RI maupun dari Bank penyalur KUR seperti BRI, Mandiri dan BNI, sehingga bila ada hambatan dilapangan dapat di atasi dengan baik.

Sektor yang mendapatkan permodalan adalah sektor yang bergerak dibidang pertanian, perburuan, kehutanan, kelautan, perikanan, industri pengelohan, kontruksi dan jasa produksi.
Jumlah flafon pinjaman  KUR khusus diberikan kepada calon peminjam mulai dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp. 500 juta dan bunga pinjaman sebesat 7% per tahun.
Selain itu juga bapak Kadis mengatakan bahwa untuk mencapai target akses permodalan bagi pelaku usaha KUMKM di Aceh, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh telah memprogramkan penambahan waktu kegiatan pendamping KUR yang sebelumnya hanya 4 bulan, 18 Kab/Kota dari APBN, ditambah 6 bulan menjadi 10 bulan dan ditambah 5 Kab/Kota menjadi 23 Kab/Kota dari ABPA pada tahun Anggaran 2019 ini.
Untui menunjang keberhasilan Program KUR ini Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh juga menganggarkan dana trasportasi pendamping KUR ketika melakukan operasional ke lapangan sebesar Rp.2.000.000. per/pendamping KUR, selama 10 bulan.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32