Kegiatan Pelatihan Uji Kompetensi Bagi Pendamping KUMKM Angkatan I dan II

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Kamis, 17 Oktober 2019

       Kamis, 17 Oktober 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Pelatihan Uji Kompetensi Bagi Pendamping KUMKM Angkatan I dan II yang dimulai dari tanggal 17 s.d 22 Oktober 2019 di Hotel Grand Aceh, Banda Aceh.
Tujuan dari Pelatihan Uji Kompetensi Bagi Pendamping KUMKM adalah untuk meningkatkan kemampuan pendamping KUMKM dalam mengikuti Uji Kompetensi dan memiliki Sertifikasi Kompeten sehingga terwujudnya SDM pendamping UMKM yang handal dan Profesional. Peserta pelatihan berjumlah 80 Orang yang berasal dari 23 Kabupaten / Kota.
       Acara dibuka oleh Ibu Dra. Sri Rezeki, M.Pd yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Pelatihan ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam melakukan pendampingan UMKM. Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif pada era globalisasi pada saat ini, pengembangan Sumber Daya Manusia Khususnya SDM Koperasi dan UMKM semakin dibutuhkan dan memberikan bimbingan Konsultasi dan Advokasi sehingga mampu meningkatkan Produktifitas dan daya saing KUMKM di daerah masing-masing.
    Pemerintah Pusat melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh sangat serius dalam peningkatan SDM Para Pendamping di 23 Kab/ Kota sebagai ujung tombak dalam pembinaan Koperasi dan UMKM dengan melakukan deteksi dini, koordinasi dengan Pejabat Kab./ Kota dalam pelaksanaan kegiatannya yang pada akhirnya terjalin hubungan kemitraan yang sinerji dan tidak offside. Apresiasi saya terhadap kerja keras Para Pendamping dengan berbagai masalah dan kendala yang dihadapi yang berbeda-beda sehingga membutuhkan berbagai solusi yang berbeda dalam penyelesaiannya.
Pendamping juga membutuhkan pengakuan Kompetensi yang dimiliki dengan Sertifikasi Kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga yang telah ditentukan. Kompetensi ini sangat penting karena kedepan Pendamping UMKM harus Kompeten dan Profesional sebelum melakukan pendampingan
       Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil Jakarta Indonesia, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32