Misi Dagang Ke Provinsi Sumatera Barat

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Jumat, 18 Oktober 2019

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan provinsi dibidang Koperasi Usaha Kecil dan Menengah berdasarkan asas otonomi yang menjadi kewenangan tugas dekosentrasi dan perbantuan serta tugas lain yang sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur Aceh dan berdasarkan perundang undangan yang berlaku.
Untuk mencapai hal hal tersebut perlu perlu dilaksanakan pembinaan berkesinambungan kepada koperasi dan UMKM diantaranya dengan cara memperkenalkan hasil produk secara meluas melalui kegiatan misi dagang ke luar daerah maupun ke luar negeri
Dengan terjadinya kerjasama perdagangan antar daerah dan antar provinsi, tentunya dengan harapan akan memberikan pemasukan pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha kita.
Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh mengadakan misi dagang ke provinsi Sumatera Barat (Padang) dari tanggal 14-17 Oktober 2019.
Dalam Pertemuan Misi dagang tersebut bapak Ir. Muhammad Badri Ismail sebagai ketua Tim Misi Dagang Aceh menyampaikan maksud, tujuan dan memperkenalkan peserta dan produk yang akan dipamerkan pada acara pertemuan tersebut kepada Kepala Dinas koperasi dan UKM Provinsi Sumbar yang diwakli oleh bapak Ir. Nasrizal, MM Kabid Pemberdayaan UKM dan beberapa pejabat eselon III dan IV Diskop dan UKM Sumbar.
Dalam sambutan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat yang diwakili kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah bapak Ir. Nasrizal, MM Kabid Pemberdayaan UKM menyambut baik atas kedatangan Tim Misi Dagang Aceh ke Sumatera Barat dalam rangka Kegiatan Pertemuan Tim Misi Dagang Aceh dengan pelaku UMKM/buyer Provinsi Sumbar dan mengharapkan kepada kedua pelaku UMKM/buyer dari Aceh bisa saling tukar informasi dagang, begitu juga sebaliknya.
Dari pertemuan Misi dagang tersebut, terjadinya kemitraan dagang antara Koperasi UKM Mark Minang Mas yang mempunya 46 UKM Mark yang terdapat di seluruh Provinsi Sumbar dengan Koperasi Bintang Jaya Indonesia Kabupaten Bener Meriah Aceh.
Koperasi UKM Mark Minang mas menginginkan ada produk-produk dari KUMKM Aceh seperti Kopi, cokelat yang masuk ke Gallerry Koperasi UKM Mark Minang Mas Sumbar, sehingga akan menambah keragaman produk UKM dari seluruh produk KUMKM se Indonesia.
Sedangkan seorang pengusaha dari PT Sukses Jaya Makmur Sejahtera telah menghubungi pak Muhammad ketua Koperasi Bintang Jaya Indonesia Kabupaten Bener Meriah untuk bekerjasama memenuhi permintaan kopi dari Aceh kurang lebih 70 sd 100 Ton perbulan yang akan di export keluar negeri.
Untuk Kerajinan bordiran tas, dompet Aceh agar naik kelas dari pembeli biasa menjadi pembeli kelas premium, maka produk juga harus di tingkatkan kelasnya dengan cara meningkatkan juga produk kerajinan yang bisanya dibuat dari kain maka untuk kita tingkatkan kelasnya, dengan menginovasi produk baru dengan bahan dari kulit sapi atau sejenis, sehingga produk kelihatan lebih eksklusive dan biasanya para pembeli menengah keatas akan tertarik untuk membelinya kata ibu Nita seorang Pembina UKM Sumbar kepada Maya Souvenir Aceh. [zoel]

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32