Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Bendahara Koperasi Angkatan I dan Angkatan II

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Senin, 28 Oktober 2019

       Senin, 28 Oktober 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Bendahara Koperasi Angkatan I dan Angkatan II. yang dimulai dari tanggal 28 Oktober s.d 2 Nopember 2019 di Hotel Grand Aceh, Banda Aceh.
       Tujuan dari Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Bendahara Koperasi Angkatan I dan Angkatan II Bagi Bendahara Koperasi adalah agar Bendahara Koperasi mampu mengelola Keuangan secara tertib dan baik dengan mengajukan Laporan Keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Peserta pelatihan berjumlah 80 orang yang berasal dari 23 kab/ kota.
       Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa berdasarkan Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 282 perintah Allah untuk mencatat transaksi yang bersifat tunai.
Dalam Islam, Akuntansi dikenal dengan nama Ilmu Hisab (Ilmu Hitung) atau juga dikenal dengan istilah Muhasabah, sedangkan Akuntansi dalam Literatur Konvensional dikenal dengan istilah to account yang artinya menghitung. Pengurus sebagai Pemegang amanah dari Anggota harus menyampaikan Laporan Keuangan sebagai pertanggungjawaban dalam pelaksanaan tugas dalam Rapat Anggota Tahunan.
Laporan Keuangan bertujuan menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (Pengguna Laporan Keuangan) dalam pengambilan keputusan ekonomi yang rasional seperti Anggota, Pemerintah dan Masyarakat.
     Bagi Anggota, Laporan Keuangan menjadi tolok ukur bagi perkembangan usaha dan kinerja yang dicapai oleh pengurus dengan membandingkan dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi yang telah ditetapkan serta membandingkan dengan tahun sebelumnya. Laporan juga berperanan dalam penilaian kesehatan koperasi, apakah Koperasi sehat, cukup sehat, dalam pengawasan atau dalam pengawasan khusus bagi pihak luar, misalnya Perbankan Laporan Keuangan berguna untuk memutuskan layak atau tidaknya Koperasi mendapatkan Bantuan Modal Kerja. Bendahara yang mencapai dan melakukan pencatatan atas transaksi keuangan yang terjadi di Koperasi harus mampu menyusun Laporan Keuangan sesuai dengan Standar, dan aturan yang berlaku baik bulanan, triwulan dan tahunan yang akan disampaikan pada Rapat Anggota Tahunan. Kepada para Peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini sungguh-sungguh sehingga dapat memiliki ilmu yang bermanfaat bagi Koperasi yang nantinya akan terwujudnya koperasi yang sehat dan mandiri dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh.
        Tenaga Pengajar dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil Jakarta Indonesia, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32