Pelatihan Akuntansi Syariah Bagi Pengurus Koperasi Angkatan I dan Angkatan II

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Senin, 04 November 2019

     Senin, 04 Nopember 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Kegiatan Pelatihan Akuntansi Syariah Bagi Pengurus Koperasi Angkatan I dan Angkatan II.
Tujuan dari Pelatihan Akuntansi Syariah Bagi Pengurus Koperasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap prilaku Pengurus Koperasi dalam mengelola keuangan sesuai dengan prinsip syariah dengan menyediakan informasi keuangan yang menyangkut posisi keuangan, kinerja keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh anggota dan pihak lainnya. Peserta pelatihan berjumlah 80 Orang peserta yang berasal dari 23 Kabupaten/ Kota.
      Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa berdasarkan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 semua Lembaga Keuangan di Aceh termasuk Koperasi harus beralih ke Pola Syariah, untuk itu SDM Koperasi perlu dilatih agar memahami prinsip-prinsip Akuntansi Syariah sehingga nantinya Pengurus Koperasi sebagai Sokoguru Perekonomian mampu bekerja secara professional. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) syariah di Indonesia yang telah diterbitkan sebanyak 12 SAK Syariah yang dimulai dari PSAK Nomor 101 s.d Nomor 112.
Transaksi Syariah hanya dilakukan berdasarkan proses saling paham dan saling ridha, objeknya harus halal dan thayib (baik) tidak dengan unsur riba, kezaliman, maysir, ghirar dan haram. Imbalan usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah terdiri Bagi Hasil dan Margin yang telah disepakati bersama di awal transaksi.
Salah satu indikator terlaksananya penerapan prinsip Auntansi Syariah adalah melalui penyelenggaraan Akuntansi Syariah secara tertib dan benar berdasarkan SAK ETAP, PSAK Syariah dan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)
       Hasil akhir dari proses Akuntansi adalah tersedianya laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pengurus kepada Anggota.
Tujuan Laporan Keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan Keputusan (Anggota, Pemerintah, Masyarakat) disamping tujuan lainnya adalah meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syariah dalam semua transaksi dan kegiatan usaha.
       Kepada peserta diharapkan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik guna meningkatkan kualitas diri dan kinerja dalam menjalankan tugas-tugas tanggungjawab sebagai pemegang amanah dari Anggota sehingga terciptanya SDM yang professional yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.
Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil Jakarta Indonesia, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32