Kegiatan Pelatihan Teknis Pemeriksaan Bagi Pengawas Koperasi Angkatan I dan Angkatan II

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Senin, 04 November 2019

      Senin, 11 Nopember 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Kegiatan Pelatihan Teknis Pemeriksaan Bagi Pengawas Koperasi Angkatan I dan Angkatan II.
Tujuan dari pelatihan teknis Pemeriksaan Bagi Pengawas Koperasi adalah Meningkatkan Pengetahuan, Ketrampilan Pengawas dalam melakukan Pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan pengelolaan Koperasi dan membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya. Peserta Pelatihan berjumlah 80 orang yang berasal dari 23 Kab/ kota
      Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Aceh yang diwakili oleh Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Bapak Drs. Fakhrizal, M.Si yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa tugas Pengawas Koperasi sangat luas sedangkan wewenang Pengawas adalah meneliti catatan – catatan yang ada pada Koperasi dan Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan sehinga pelatihan ini merupakan pendidikan yang sangat penting karena dapat meningkatkan kompetensi teknis, eksistensi dan kredibilitas Koperasi. Dimasa yang akan datang peranan pengawas koperasi untuk mewujudkan koperasi yang sehat, kuat, tangguh dan mendiri serta berdaya saing sesuai dengan jati diri Koperasi.
Koperasi perlu meningkatkan akuntabilitas, kepercayaan, kepatuhan, kesinambungan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota khususnya dan masyarakat umumnya.
      Sesuai dengan konsep Pengawasan, Pengawas harus tahu dan paham betul mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan harus dilaksanakan oleh pengelola koperasi. Pengawas dalam menjalankan tugasnya harus merahasiakan hasil pengawasannya terhadap pihak ketiga. Pengelola koperasi dalam menjalankan kegiatan usahanya apabila tidak sesuai dan patuh kepada Undang-undang yang berlaku dapat dikenakan sanksi teguran dan juga sangsi pidana. Kepada  Para  Peserta  diharapkan  dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik guna meningkatkan kualitas diri dan kinerja Pengawas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab  secara profesional. 

      Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Usaha Kecil Jakarta Indonesia,  Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32