Pelatihan TOT Pemandu Koperasi Angkatan I dan Angkatan II

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Senin, 18 November 2019

     Senin, 18 Nopember 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Pelatihan TOT Pemandu Koperasi Angkatan I dan II di Hotel Grand Aceh Sp. Surabaya Banda Aceh yang dimulai tanggal 18 Nopember 2019 s.d 23 Nopember 2019.
     Tujuan dilaksanakannya Pelatihan TOT Pemandu Koperasi bagi Gerakan Koperasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap prilaku Pemandu Koperasi dalam meningkatkan aspek pemberdayaan Koperasi berdasarkan Standar dan Ketentuan yang berlaku sehingga terwujudnya koperasi yang sehat, mandiri, tangguh dan berkualitas yang diikuti oleh 80 orang peserta dari Kabupaten/ kota dalam Propinsi Aceh.
      Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Aceh yang diwakili oleh Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Dra. Sri Rezeki, M.Pd yang dalam pengarahannya menyampaikan peranan Pemandu sangat penting dan merupakan ujung tombak dalam melakukan pembinaan dan pengembangan Koperasi dalam membangun perekonomian masyarakat dengan menyiapkan SDM Koperasi yang handal dan profesional. Lembaga Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat perlu dijalankan secara profesional dengan melibatkan perangkat organisasi koperasi yang terdiri dari Rapat Anggota, Pengurus dan Pengawas untuk mencapai tujuan Koperasi.
   Peranan Pemandu dalam pengembangan dan kemajuan Koperasi sangat penting, Pemandu harus mampu mendeteksi secara dini permasalahan yang timbul dan mampu menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan secara profesional.
Sebagai fasilitator pemberdayaan Koperasi dan UKM Pemandu haruslah memiliki kualitas, kapasitas dan kemampuan teknis tertentu yang berhubungan dengan aspek pemberdayaan Koperasi, baik sebagai pelatih, pendamping, konsultan dan mentor. Pemandu juga harus mempunyai ketrampilan berkomunikasi yang efektif sebagai soff skill. Pemandu juga harus berfungsi sebagai dokter dan konsoler yang tempat prakteknya dekat dengan koperasi binaaannya sehingga koperasi mampu bersaing dengan badan usaha lain baik disektor Keuangan atau sektor Riil.

     Pemandu koperasi harus terus bekerja sama dengan pengurus koperasi untuk memajukan dan mengembangkan koperasi meskipun tugas dan tanggung jawabnya berbeda-beda, kepada peserta diharapkan dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik guna meningkatkan kwalitas diri dan kinerja sebagai pemandu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, tangguh, mandiri dan berdaya saing sesuai jati diri koperasi yang memberikan manfaat kepada anggota khususnya dan masyarakat umumnya.
    Instruktur dalam pelatihan adalah fasilitator Dekopinwil, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32