Talkshow BPPOM Banda Aceh Mendukung UMKM Berdaya Saing Menuju Indonesia Maju

Kategori : DINAS KOPERASI DAN UKM ACEH Minggu, 24 November 2019

Banda Aceh - Salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Aceh dalam Aceh UMKM Expo 2019 adalah Talkshow mengenai perkembangan dan kemajuan UMKM. Dalam hal ini BPPOM yang menjadi Tamu dalam agenda tersebut mengangkat tema BPPOM Banda Aceh Mendukung UMKM Berdaya Saing Menuju Indonesia Maju. (Minggu, 24/11/2019).

Seperti yang diketahui bahwa, salah satu tugas dan fungsi dengan adanya BBPOM adalah melindungi masyarakat terhadap peredaran obat, kosmetik dan makanan. Penting sekali bagi setiap produk yang dihasilkan oleh masyarakat harus memiliki legalitas atau pun ijin edar. 

"Dalam peningkatan mutu UMKM, BPPOM mengawasi cukup luas mulai dari pre market maupun post market baik sebelum beredar maupun setelah beredar produk tersebut" Drs. Zulkifli, Apt. Kepala BPPOM Banda Aceh.

Menurut Zulkifli, tujuan BPPOM membuka stand di Aceh UMKM Expo 2019 adalah agar masyarakat pelaku usaha semakin dekat dengan BPPOM. Sehingga masyarakat tidak perlu takut lagi dalam mengurus izin edar. Silahkan datang untuk berkonsultasi dengan pihak BPPOM yang ada di stand tersebut. 

Izin edar ada dua jenis, P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan BPPOM. Bagi produk pangan yang dihasilkan di rumah selain Nugget (Produk Frozen), Susu, itu bisa hanya memiliki izin P-IRT. Sedangkan produk lainnya apalagi produksinya sudah terpisah dari rumah harus memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPPOM.

Apabila pelaku UMKM tidak membuat izin edar, maka proses penegakan hukum sampai dengan projusticia dapat berakhir dengan pemberian sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan. Jika pelanggaran masuk pada ranah pidana, maka terhadap pelanggaran Obat dan Makanan dapat diproses secara hukum pidana.

Dalam wawancara terakhir, Zulkifli berharap adanya sinergisitas sesama lembaga dalam pendampingan terhadap UMKM, seperti Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang memiliki dampingan UMKM yang begitu besar sehingga sudah menjadi tugas bersama dalam mewujudkan produk yang berdaya saing tinggi. (DR)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32