SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH ACEH
Jumlah Koperasi di Aceh Berdasarkan Tahun Buku 2019; Koperasi : 6.408 Unit, Aktif : 3.545 Unit, Tidak Aktif : 2.863 Unit persentase aktif 68%

Pelatihan Pengenalan Transpormasi Pemasaran Digital Bagi UMKM Angkatan I dan II serta pelatihan Penguatan Lembaga Keuangan Mikro

Senin, 25 November 2019 - Oleh diskopukm

     Senin, 25 Nopember 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Pelatihan Pengenalan Transpormasi Pemasaran Digital Bagi UMKM Angkatan I dan II serta pelatihan Penguatan Lembaga Keuangan Mikro di Hotel Grand Aceh Sp. Surabaya Banda Aceh yang dimulai tanggal 25 s.d 30 Nopember 2019. Yang diikuti oleh 120 orang peserta dari 23 Kabupaten / Kota dalam Provinsi Aceh.
     Tujuan dilaksanakan Pelatihan Pengenalan Transpormasi Pemasaran Digital Bagi UMKM adalah untuk meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan dan sikap prilaku dalam mengelola usaha secara digital Online bagi UMKM berdasarkan Standard dan ketentuan yang berlaku sehingga terwujudnya UMKM yang tangguh dan mandiri sedangkan tujuan Pelatihan penguatan Lembaga Keuangan Mikro dalam mengelola usahanya berdasarkan standard dan ketentuan yang berlaku sehingga terwujudnya Lembaga Keuangan yang handal dan terpercaya bagi masyarakat.
      Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh yang diwakili oleh Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM Aceh Dra. Sri Rezeki, M.Pd yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pengaruh internet dan media sosial sangat besar bagi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini menyebabkan perubahan terhadap para pengusaha dalam mempromosikan produk dan rasa yang mereka pasarkan dengan memanfaatkan platform digital, mereka harus bisa memahami Costumer Journey yang berkembang di era Marketing 4.0 yakni pendekatan yang mengintegrasikan Interaksi Online – Ofline saat ini pemasaran telah bertranformasi dari yang berpusat pada Produsen berubah menjadi berpusat pada konsumen.
      Konsumen memiliki andil yang lebih besar dalam memutuskan apa yang akan dibelinya karena informasi yang lebih mudah dan varian produk yang lebih beragam. Konsumen lebih jeli dalam memilih dan memilah produk yang diinginkan dengan melihat informasi yang ditemuinya melalui promosi dan iklan dan informasi lewat berbagai media yang tersedia sebagai sarana pemasaran dan promosi.
SEO, SEM dan SHO menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam aktifitas eksekutif pemasaran dengan mengoptimalkan kemungkinan seseorang untuk membeli Produk atau jasa yang disediakan semakin nyata.
     Lembaga Keuangan dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai tempat penyimpanan uang, harta yang dapat dipercaya. Salah satu lembaga keuangan adalah bank yang saat ini berkembang dengan berbagai fasilitas yang disediakan, selain Bank masih banyak Lembaga Keuangan lainnya seperti Koperasi simpan, Asuransi dan Pegadaian dan lainnya. Lembaga-lembaga tersebut dibangun dengan harapan dapat membantu perekonomian Negara Indonesia yang saat ini masih terpuruk. Banyak usaha Koperasi belum berkembang sebagaimana diharapkan karena kekurangan Modal, lembaga keuangan dibentuk untuk mengatasi masalah ini. Meski Lembaga Keuangan telah banyak tetapi masih banyak pengusaha yang ragu dalam bekerja sama atau memanfaatkannya. Hal ini disebabkan banyak Pengusaha yang kurang memiliki pengetahuan tentang lembaga keuangan baik dari segi fungsi, tujuan yang bisa mendukung usaha mereka.
Lembaga Keuangan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dengan menyediakan dana segar yang dibutuhkan Pengusaha.
     Kepada peserta diharapkan dapat memanfaatkan Pelatihan ini dengan baik untuk meningkatkan kualitas diri dalam menjalankan usaha secara professional sehingga mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi yang kuat.
      Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Bisnis Jakarta, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.