SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH ACEH
Jumlah Koperasi di Aceh Berdasarkan Tahun Buku 2019; Koperasi : 6.408 Unit, Aktif : 3.545 Unit, Tidak Aktif : 2.863 Unit persentase aktif 68%

KEGIATAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI UMKM ANGKATAN III DAN ANGKATAN IV

Rabu, 04 Desember 2019 - Oleh diskopukm

    Rabu, 04 Desember 2019 Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah c.q UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM melaksanakan Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi UMKM Angkatan III dan Angkatan IV di Grand Aceh Syariah Hotel Landom. Banda Aceh.
       Tujuan dari Pelatihan Kewirausahaan Bagi UMKM adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan wawasan dalam melaksanakan kegiatan kewirausahaan sehingga dapat melahirkan wirausaha-wirausaha yang tangguh dan mandiri serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain dan menjadi bos bagi diri sendiri.
Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh Bapak Zulkifli, SE, MM yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pengangguran merupakan masalah yang dihadapi semua Negara termasuk Indonesia yang berimplikasi kepada naiknya angka kemiskinan. Salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah dengan cara menanamkan jiwa wirausaha sehingga tidak bergantung pada lapangan kerja yang ada sangat terbatas dan mampu menatap masa depan yang lebih baik dengan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain dan menjadi bos bagi usahanya.
      Menjadi seorang Wirausahawan harus mampu menghadapi tantangan dengan mencari peluang bisnis yang bisa menghasilkan produk yang menguntungkan dan memuaskan konsumen sehingga produk-produk yang dihasilkan akan dicari dan tentunya juga akan mendapat promosi dari konsumen karena produk tersebut dapat memberikan kepuasan bagi konsumen.
Pelatihan kewirausahaan adalah kunci dalam pengembangan usahanya untuk merencanakan, menciptakan dan melaksanakan suatu program usaha yang berinovasi dan berkualitas tentunya sangat dibutuhkan.
Tantangan UMKM dalam transpormasi digital ekonomi adalah rendahnya kemampuan dan SDM dalam menghadapi metode perdagangan dari cara berbisnis secara konvensional menjadi online bisnis.
Para pelaku bisnis harus memanfaatkan media digital karena UMKM era digital berkembang sesuai kemajuan zaman sekarang ini.
UMKM diharapkan dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan produk-produk asing yang telah membanjiri e-comerce Indonesia. Kepada Para Peserta diharapkan dapat mengikuti semua agenda pembelajaran ini dengan bersungguh-sungguh
     Instruktur dalam pelatihan berasal dari Pusat Inkubasi Bisnis Jakarta, Widya Iswara Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh dan Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.