SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH ACEH
Jumlah Koperasi di Aceh Berdasarkan Tahun Buku 2019; Koperasi : 6.408 Unit, Aktif : 3.545 Unit, Tidak Aktif : 2.863 Unit persentase aktif 68%

BIMTEK PEMANTAPAN TATACARA PENYUSUNAN LAPORAN PEMBINAAN DAN PENYULUHAN BAGI PPKL ACEH

Kamis, 19 Maret 2020 - Oleh diskopukm

Selasa 25 Februari 2020, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh (Dr. Wildan, M.Pd) membuka Bimtek Pemantapan Tatacara Penyusunan Laporan Pembinaan dan Penyuluhan bagi PPKL Aceh di Hotel Kuala Radja Lamprit – Banda Aceh.
Tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan PPKL dalam menyususn laporan pembinaan dan penyuluhan koperasi, kegiatan ini dihadiri oleh PPKL yang ada di 11 Kabupaten / Kota yang berjumlah 39 orang dan juga Koordinator di masing – masing kab / Kota. Adapun Pemateri dari Kementerian Koperasi dan UKM RI Bapak Muhidin, SE (Kabag Pengembangan Penyuluhan), Ibu Astri Harny Tresnawati, SE ( Kasubid Penyuluhan Koperasi) dan juga Narasumber dari DInas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh.
Dalam Sambutannya Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh, mengharapkan setiap PPKL harus memiliki nilai lebih tidak hanya sekedar seorang penyuluh koperasi terutama dalam hal knowledge, dan PPKL harus terus belajar dalam segala hal, karena Usaha tidak akan pernah membohongi hasil.
Dalam pelaksanaan Bimtek ini dapat disimpulkan bahwa kepada PPKL masih sangat dibutuhkan bimbingan teknis tentang koperasi syariah dalam rangka pelaksanaan Qanun ni 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah dalam rangka penyuluhan kepada masyarakat dan gerakan koperasi.
Pada tahun 2020 Kementerian Koperasi dan UKM RI merencanakan penambahan 100 orang PPKL untuk Seluruh Indonesia, diharapkan Aceh bisa menambah PPKL untuk 12 Kabupaten / Kota Yang belum memiliki PPKL.(ticha)